Salah satu kekhawatiran yang paling sering disuarakan oleh mahasiswa asing di China mengenai studi bahasa mereka adalah tanggapan yang mereka dapatkan dari para guru. Bahasa Cina tidak diragukan lagi merupakan bahasa yang sangat sulit untuk dipelajari dan untuk alasan ini juga kadang-kadang bahasa yang membuat frustrasi belajar.

Ketika seseorang mulai belajar, pertama-tama ada “dinding pengucapan”. Pinyin, Romanisasi bahasa Cina lisan, jauh dari sempurna. Banyak dari kata-kata itu tidak diterjemahkan ke dalam suara yang diharapkan dari mereka. “Yi” diucapkan seperti huruf “i” dan “a” tidak memiliki suara setara langsung bahasa Inggris yang terkait dengan huruf, misalnya. Ini bahkan membuat langkah pertama frustrasi. Terutama dalam ukuran kelas yang lebih besar, seperti yang ada di universitas.

Tembok kedua yang dihajar siswa adalah bahasa tertulis! Demi Tuhan itu berbeda dan sulit! Pada awalnya setiap karakter terlihat sama, dan seseorang bahkan tidak bisa membuat gerakan yang tepat (yang menghilangkan banyak fokus yang dibutuhkan seseorang untuk mengingat semua yang baru!). Bahkan membuatnya terbaca bisa menjadi mimpi buruk ketika mencoba mengingat karakter! Dan Anda benar-benar harus ingat. Tidak hanya setiap stroke harus berada di tempat yang tepat. Untuk menulisnya “dengan baik” Anda perlu urutan guratan yang tepat! Betul! Urutan karakter stroke penting, dan mereka juga sulit untuk diingat. Tetapi Anda perlu. Kalau tidak mereka terlihat lucu.

Jadi dalam beberapa minggu pertama saat belajar bahasa ini; saat Anda berjalan menaiki gunung batu yang tangguh, di tengah hujan, tanpa mantel, jauh dari rumah juga, dengan makanan baru, teman baru, bau aneh, beberapa orang di sekitar yang berbicara dengan bahasa yang Anda pahami, mudah untuk mendapatkan sedikit testis.

Apa yang tidak membantu ketika seorang siswa mengacak-acak lereng yang compang-camping adalah karakter yang rumit, homogen dan lucu. Yang lucu, terutama, akan terasa seperti menendang gigi ketika itu membuat gurumu tertawa keras. Ini terjadi pada saya, ini terjadi pada pacar saya, ini terjadi pada teman serumah saya, teman sekelas saya, dan itu akan terjadi pada Anda. Sulit untuk menarik napas dalam-dalam dan fokus untuk melakukannya dengan benar ketika itu terjadi, percayalah padaku.

Apa yang akhirnya dipahami, pada akhirnya, adalah bahwa tidak ada kedengkian yang dimaksudkan oleh tawa itu. Namun demikian, salah satu dari sekian banyak perbedaan budaya yang Anda benar-benar datang ke Tiongkok untuk dipelajari. Kejutan budaya adalah sesuatu yang akan Anda dapatkan seiring waktu dan dengan wawasan yang datang dengan pemahaman yang lebih dalam tentang adat istiadat Cina, di sana ada keterampilan hebat yang akan ingin dilihat oleh para pengusaha masa depan! Dan akan sangat senang melihat di CV Anda. Itu fakta.

Apa yang bisa Anda lakukan untuk membuat lereng gunung sedikit kurang berbatu adalah mendapatkan tutor pribadi. Banyak masalah awal yang terkait dengan belajar bahasa Tionghoa berasal dari ketiadaan waktu pribadi dengan seorang guru. Saya menemukan bahwa ketika saya belajar, saya mendapatkan setidaknya dinding pengucapan pertama dengan cukup cepat. Dalam 2 minggu 3 jam sehari, saya cukup senang dengan bagaimana lidah saya menangani nada China. Maksud saya adalah jika Anda menghabiskan waktu yang diperlukan untuk mendapatkan nada yang benar di awal, sejak awal, Anda akan memiliki waktu yang lebih mudah di seluruh pelajaran. Dinding kedua lebih sulit, tetapi dengan latihan, dan lingkungan 1 on 1, itu tidak seburuk yang dapat terjadi.

Terakhir, mengambil kejutan budaya langsung di wajah, dari awal, akan benar-benar meringankannya dalam jangka panjang. Saya berasal dari Swedia dan di utara negara saya, di mana nyamuk hampir sebesar anjing (atau begitu saya dengar belum pernah, tidak pernah mau) pria sejati tahu apa yang diperlukan untuk mengatasi masalah gatal. Mereka mendapatkan pantat telanjang, berjalan keluar ke musim berburu manusia, dan berbaring. Mereka mendapat sedikit berkeping-keping tetapi setelah beberapa hari, ketika mereka dapat sekali lagi berpikir dan gatal berhenti, tubuh menjadi kebal. Mungkin belajar bahasa Cina sedikit mirip dengan Lapland. Setelah Anda mengatasinya, Anda selesai dengan itu.